Langsung ke konten utama

Edisi Kopi : ARABIKA VS ROBUSTA II cerita pertama kali kenal KOPIMU.

Kali ini Pia lagi pengen banget ngebahas KOPI, eh belum nulis udah baper aja nih kalo ngebahas si Hitam syahdu ini, kaya kamuuuuuu..... 


Pia pertama kali jatuh cinta bisa di bilang first love lah sama si hitam ini pertengahan Tahun 2016, di sebuah cafe di BanjarMasin, waktu itu yang pertama kali Pia minum adalah Arabika Aceh Gayo komentar pertama Pia adalah " Asli ini kopi PAHIT " si teman cuma ketawa doang dengan santai sambil bilang gini " Hidupnya harus belajar tuh dari kopi yang di minum, Pahit tapi nanti ia akan bearti bagi kamu ." asli kata katanya dalam bener sih, semenjak kenalan sama si Gayo jujur sih kek candu, memang efeknya pertama kali minum ini kopi bikin INSOMNIA bray, Pia kek orang gila karena gak bisa tidur hahaha, tapi setelahnya itu aman terkendali. balik ke Pangkalan Bun di sanguin Biji Kopi, awalnya gak senang karena GRATIS ( eh munafik banget sih ini ) sebulan itu biji kopi tak anggurin, karena belum dapat fell, bulan depan nya baru lah mampir ke cafe teman minta grinderkan tuh biji kopi, di seduh di situ dan ini adalah Candu Pia eakkkkkk... entahlah kok nikmat banget sih ini kopi, ngalahin pahitnya status single nya Pia ( lompat lompat loncat kasur ), setelah itu mulai deh bisa beli termometer kopi dll nya ( sekarang sudah R.I.P ) jangan di tanya lagi gak bisa di ceritain. dan kebiasaan stalking akun akun yang jualan kopi, iseng beli dikit dikit eh lama lama malah keseringan. 


Dan kali ini kita akan sedikit membahas apa itu KOPI ARABIKA DAN ROBUSTA

Saat ini banyak merk-merk kopi yang memajang label “100% Arabika” pada kemasan kopinya. Banyak juga di antara kita para AbdiKopi yang sepertinya enggan mencicipi kopi Robusta. Namun apa sebenarnya perbedaan Arabika dan Robusta?
rangkumnya dalam tabel berikut:
VariabelRobusta
Coffea canephora
Arabika
Coffea arabica
Negara
Penghasil
25% hasil kopi dunia adalah robusta dengan Indonesia sebagai produsen robusta terbesar di dunia selain Vietnam, Srilanka, Madagascar, dan Nigeria.75% kopi arabika dihasilkan oleh Brazil, Kolombia, Peru, Nicaragua, Hawaii, Yaman, Ethiopia, dan Indonesia.
Daerah
Tanam
Dataran rendah, 400-700 mdpl dengan suhu 21-24°C.Dataran tinggi, 700-1700 mdpl dengan suhu 16-20°C.
Kekuatan
Tanaman
Lebih tahan (robust) terhadap serangan hama karena mengandung Chlorogenic acid dan kafein lebih banyak (buah lebih pahit).Sedikit lebih mudah terserang hama karena rasa buah lebih manis.
Ukuran
Pohon
Tinggi pohon mencapai 4-6 meter.Tinggi pohon hanya 2-4 meter.
Bentuk
Biji
Cenderung lebih bulat dengan ukuran lebih kecil.Lonjong dengan ukuran lebih besar.
Kandungan
Kafein
2,2%. Kandungan kafein yang lebih banyak membuat rasa robusta lebih pahit.1,2%. Kandungan kafein yang lebih sedikit membuat rasa arabika lebih lembut.
Kadar
Gula
3-7%. Kadar gula rendah menentukan tingkat kelarutan kopi sehingga kopi robusta akan terasa lebih kental.6-9%. Kadar gula yang lebih tinggi membuat kopi arabika lebih ringan.
RasaSecara umum, rasa robusta lebih pahit daripada arabika dengan aroma yang juga tidak “semenggoda” arabika. Namun kopi robusta tetap memiliki penggemar setia, khususnya mereka yang suka kopi pahit dan kental.Aroma buah, bunga, dan rempah sering muncul pada kopi arabika. Keasaman (acidity) yang lebih tinggi dan rasa pahit yang samar membuat kopi arabika lebih nikmat bagi banyak orang.
 HargaHarga robusta biasanya lebih rendah daripada arabika. Tapi saat ini terdapat robusta kualitas premium yang harganya dapat menyaingin arabika.Karena perawatan yang lebih ekstra dan rasa yang lebih enak, kopi arabika biasanya lebih mahal daripada robusta.
Tentunya ragam spesies kopi tidak terbatas pada robusta dan arabika saja. Terdapat lebih dari 90 spesies kopi tapi hanya 4 spesies yang mempunyai posisi kuat yaitu arabika, robusta, liberika, dan excelsa. Dua spesies terakhir makin populer di kalangan peminum kopi dan mulai banyak petani yang menanamnya. Spesies arabika pun memiliki banyak varietas seperti Typica, Bourbon, Catimor, dan banyak lagi yang lainnya. Hal ini membuat rasa kopi menjadi sangat tidak terbatas. By. kopidewa

sumber Mkupie.blog






KETEMU TEMAN NGPOI ~
*       Masih ngomongin si Kopi, jadi kalo ngumpul ngumpul sama genks gitu pasti ada salah satu dari kita pesan kopi pahit ini, waktu itu Pia belum mau mempublikasikan diri suka sama kopi jadi minum nya Green Tea melulu. Di genks Pia punya bang Alfi (@alfibr9) dan si Jefry (@jefrysantoz) yang demen banget sama kopi, bang alfi suka sama aceh gayo setiap kali kita ngumpul pasti tuh doi carinya aceh gayo, gak melulu sih aceh gayo. Di Pangkalan Bun sudah mulai ada beberapa Cafe yang jual bean kopi ada kafe ITUT KADUT COMPANY ( @itutkadutcompany) , KEDAI KOPI ABA (@kopibahari) , PSCAFE(@pontisuri_cafe).
*       Di Pangkalan Bun agak susah sih cari teman ngopi cewek,atau mungkin Pia aja nih gaulnya kurang gitu hahah, tapi Pia punya satu dari beberapa teman yang doyang share kopi alias suka kasih biji kopi yap Pia punya si Nano ( @kaffepj ) dari doi Pia kenalan sama si cascara dan biji kopi lainnya , paling demen banget si doi kasih Cold Drip , paling sering di kasih Gunung Tilu Jabar paling enak kalo di buat Cold Drip, Karena keseringan di kasih biji kopi Pia harus sedikit jaim hahahha. Soalnya di beli gak mau !!!
Dulu juga pernah kok nulis soal pelajaran hidup yang diambil dari si Kopi ini tadi, Beli bean kopi tu sampai ngalahin beli baju, ada kopi baru beli gitu terus. Tapi perjuangan hebat buat dapat izin dari ibu biar bisa minum kopi ini lumayan juga loh,awalnya ibu icip Cold Dripnya yang Pia dapat dari teman, disimpan di kulkas kan, sama ibu diminum dikit karena penasaran itu apa an, tau gak satu malam gitu si ibu gak tidur hahahha, paginya Ane di introgasi ibu mikirnya kalo Pia juga gak bakalan tidur sama kaya ibu kalo minum kopi, trus ibu juga menghubungkan si kopi sama penyakit maagh hahahaa. Sejak itu ibu gak mau Pia minum kopi , malahan selama minum kopi penyakit maagh nya hilang, sebulan juga gak rutin ngopinya palin sering sebulan 3 kali aja. Jadi suka curi curi waktu kalo minum kopi di cafe aja.
Kalo dikasih bean kopi atau beli bean kopi gitu tak sembunyikan dalam lemari, biar ibu gak tau hahaha. Tapi gak enak ya lama lama ngebohongin si ibu akhirnya tak ceritakan efek awal Pia nimum kopi hingga sekarang ini. Dan Alhamdulillah ibu ngerti aja sih sambil di efekin gini “ KALO SUKA KOPI, JANGAN CARI PASANGAN YANG SUKA KOPI JUGA, NANTI ANAKNYA JADI ANAK KOPI. MAU ? “ HAHAHAHA yah soal Jodoh dan Kopi mah urusan ALLAH kita mah slow ya ( salam 2 jari ) 

Sempat mikir juga sih nanti misal nih kalo nikah dapat pasangan yang gak suka ngopi, jadi apakah saya masih di izinkan mengkonsumsi kopi dan beli biji kopi ?? ... 

Jangan takut ya minum kopi gengs, pahit iya emang pahit tapi kalo kopi sudah menemukan penikmatnya pahit itu hanya soal rasa !





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Seorang Guru TK, rasanya jadi Guru Tk yang modal sabar saja tidak cukup.

Haloooooo..... Iyes akhirnya kembali nge blog lagi setelah lama gak nulis. ada beberapa artikel yang siap Pia tulis ke blog. sesuai dengan judul diatas nih kak, curhatan seorang Guru Tk , ada diantara kalian yang berprofesi sama seperti Pia ?? menjadi seorang Guru terutama Guru Tk memang mempunyai tantangan tersendiri, menghadapi para bocah bocah kecil nan lugu dan polos ( emot nangis ) memang perlu ekstra sabar dan telaten yang pasti harus dari hati ya kak kalo ngurusin soal anak orang ini, salah salah dikit panjang urusannya. Dunia Anak - Anak ( Ilsutrasi ) Gambar diatas adalah ilustrasi Anak anak, lucu ya kak anak anaknya, apa lagi para Anak - anak Tk gitu dan dan gurunya cantik   menggemaskan sekali kan ya. ada teman di kantor bilang gini " Aku mau loh bund,ngajar di Tk anak anaknya lucu dan enak diurus ya." oke fix siapa pun boleh berbicara seperti itu, karena belum merasakan di lapangan seperti apa ? Pia awalnya gitu juga sebelum terjun lebih jauh ke dunia p

Mengertilah para cowok, jangan mudah kasih perhatian ke cewek, karena cewek itu gampang banget baper.

Dalam urusan kisah percintaan siapa pun pasti di kaitkan dengan kata kata "  BAPER"  yah namanya juga perasaan gak bisa di kasih perhatian dikit aja bapernya minta ampun,apa lagi cewek di beri perhatian sama lawan jenis sudah klepek klepek padahal buat si cowok itu biasa saja, wajar sih hal ini terjadi cewek mana coba yang menolak ketika si cowok memberi perhatian lebih yang berujung ada pemberian harapan jelas ini sudah larinya ke perasaan.  Teruntuk para cowok kontrol kepedulian kamu,kalo memang tidak ada perasaan lebih plis behentilah memberi perhatian terus menerus kepada si cewek, kamu gak mau kan di cap sebagai tukang pemberi harapan palsu. Dan ini akan merusak reputasi kamu sebagai cowok yang gantle man, beri perhatian boleh tapi pada level yang wajar ya.fikirkan juga efeknya dalam hubungan pertemanan kalian cewek biasanya suka nge delcont duluan kalo sudah kecewa, jangan sampai deh ini terjadi.Ingat cewek tidak akan mudah baper kalo tidak ada sebabnya. Image